Sabtu, 27 Agustus 2011

Pidato Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
           
Wabihi nasta’in ala umuridunnya waddin, wa sholatu wassalamu ala asrofil anbiyai walmursalin waala alihi waashabihi ajmain, wa qola rabbi srohli sodri wa yasirli amri wahluh ukdatammilisani, yafqohu qouli, amma ba’du

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah SMAN 83 Jakarta beserta stafnya, Bapak dan Ibu Guru, dan teman-teman yang saya cintai

Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan kita berbagai nikmat, diantaranya nikmat iman, nikmat islam, nikmat sehat wal'afiat, nikmat panjang umur, nikmat diberi rizky yang halal dan barokah, dan kesemua nikmat ini kita dapat berkumpul dalam acara ''Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW''.

Tak lupa pula kita haturkan sholawat serta salam kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW. beserta keluarga dan sahabatnya, dan para pengikutnya yang setia sampai akhir zaman

Saya sampaikan terima kasih kepada hadirin atas kehadirannya dalam acara Maulid ini

Bapak, Ibu, dan Teman-teman sekalian...

Nabi Muhammad SAW lahir di kota Makkah tahun Gajah, bertepatan dengan tahun 571 Masehi. Ayahnya bernama Abdullah yang wafat saat Nabi Muhammad masih di dalam kandungan. Ibunya bernama Siti Aminah yang wafat saat Nabi Muhammad berusia 6 tahun. Sepeninggal orang tuanya, Nabi Muhammad diasuh oleh kakeknya yang bernama Abu Thalib, saat Rasulullah berusia 8 tahun, kekeknya pun meninggal. Kemudian Nabi Muhammad diasuh oleh pamannya yang bernama Abdul Muthalib.

Saat berusia 12 tahun, Muhammad dibawa berdagang oleh pamannya ke Negeri Syam. Dalam perjalanan, dia bertemu seorang pendeta yang menyarankan kepada Abdul Muthalib agar menjaga Muhammad sebaik-baiknya, karena dia kelak akan menjadi seorang Nabi.

Hadirin yang berbahagia...

Muhammad terkenal sebagai pemuda yang rajin dan jujur, sehingga ia mendapat gelar Al-Amin

Pada usia 25 tahun, Nabi Muhammad menikah dengan Siti Khadijah, seorang janda kaya di Makkah yang sangat tertarik kepada Muhammad karena kejujurannya

Pada usia 40 tahun, Nabi Muhammad diangkat menjadi rasul setelah mendapat wahyu saat berada di Gua Hira dengan ayat pertamanya: ‘’Iqra bismi rabbikal ladzi kholak. Kholakol insana min alaq. Iqra wa rabbukal akrom. Alladzi a’lama bil kolam, (dst)’’. Yang artinya ‘’Bacalah dengan nama Tuhanmu Dzat yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah. Yang mengajar dengan perantaraan kalam, (dst)’’

Siti Khodijah adalah orang pertama yang menyakini adanya wahyu yang disampaikan kepada Nabi Muhammad, dan ia pula lah orang pertama yang masuk Islam dan kemudian disusul oleh Abu Bakar.

Pada usia 40 tahun, Nabi Muhammad mengalami peristiwa yang amat bersejarah yaitu Isra Miraj. Isra Miraj adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad pada malam hari dari Mekkah ke Masjidil Aqsa di Palestina, yang kemudian dibawa naik ke Sidhrotul Muntaha.

Disana Nabi Muhammad mendapat perintah melaksanakan sholat yang mula-mula 50 waktu dalam sehari semalam, namun kemudian dikurangi beberapa kali sehingga tinggal 5 waktu dalam sehari semalam.

Jadi, sholat adalah salah satu rukun Islam yang langsung diperintahkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW.

Setelah menjadi rasul, Nabi Muhammad mulai berdakwah menyebarkan agama Islam kepada kaumnya yaitu bangsa Quraish yang waktu itu masih menyembah berhala dan hidup dalam alam Jahiliyah.

Hadirin dan Hadiroth yang dirahmati oleh Allah…

Perjuangan Nabi Muhammad mendapat tantangan dari kaumnya sehingga ia mendapat perlakuan yang sangat menyakitkan. Namun, Nabi Muhammad tidak kenal putus asa. Dibantu oleh para sahabatnya, makin banyak kaumnya yang masuk Islam.

Namun, tantangan dan tekanan Nabi Muhammad dan kaum muslimin, dari orang-orang Jahiliyah makin lama makin berat. Sehingga, Nabi Muhammad dan seluruh kaum Muslimin hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Peristiwa hijrahnya kaum muslimin dari Mekkah ke Madinah dijadikan sebagai awal kalender Hijriyah.

Setelah hijrah ke Madinah, perjuangan kaum muslimin mengalami kemajuan yang sangat pesat. Mulai dari jazirah Arab lalu ke Timur, sampai ke Persia (Iran) dan ke Barat meliputi bagian utara Afrika, mulai dari Mesir sampai ke Maroko, bahkan menyebrang ke Selat Gibratal, sampai ke Spanyol di daratan Eropa takluk di bawah kekuasaan orang Islam.

Kaum Muslimin dan Muslimat….

Misi utama dari ajaran Islam adalah memperbaiki akhlak dari akhlak jahiliyah menjadi akhlak Illahiyah yang berdasarkan tuntunan Al-qur’an dan Hadist Rasulullah SAW.

Nabi Muhammad adalah orang yang paling baik akhlaknya, paling taat ibadahnya, yang perlu diteladani oleh umatnya. Karena sesungguhnya pada diri Rasulullah terdapat contoh-contoh atau teladan bagi umatnya.

Dalam rangka memperingati Maulid ini, marilah kita jadikanNabi Muhammad sebagai idola kita yang perilakunya harus diteladani, dan diikuti segala perintahnya.

Hadirin yang berbahagia....

Kita sebagai umat Islam, tidak boleh mengidolakan orang lain. Tidak boleh mengidolakan artis seperti Justin Bieber, atau pemain bola terkenal seperti Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales. Kita hanya boleh mengidolakan Nabi kita Muhammad SAW.

Sekianlah sambutan dari saya, mohon maaf bila ada kekurangan. Wabillahi taufik walhidayah, wa salamu alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar